Kisi-kisi PSAT Kimia Kelas X Beserta Penjelasan
Kisi-kisi PSAT KIMIA Kelas X
1 - 10
No. | Indikator Soal | Penjelasan |
---|---|---|
1. | Disajikan informasi mengenai beberapa senyawa, peserta didik dapat menentukan senyawa mana yang berikatan kovalen. | Carilah contoh senyawa yang mempunyai ikatan kovalen. Contoh senyawa kovalen diantaranya H2O, CH4, HCl, HF. |
2. | Disajikan informasi berupa gambar mengenai materi ikatan logam, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang berpengaruh pada besarnya ikatan logam pada besi. | Pelajari faktor-faktor yang memengaruhi besarnya ikatan logam pada logam besi. |
3. | Disajikan informasi mengenai derajat ionisasi suatu unsur, peserta didik dapat menentukan rumus derajat ionisasi dengan tepat. | Pelajari penentuan derajat ionisasi (rumus). |
4. | Disajikan informasi beberapa reaksi kimia, peserta didik dapat menentukan mana yang merupakan reaksi oksidasi. | Pelajari bagaimana cara menentukan reaksi oksidasi pada reaksi kimia. Pahami cara menentukan biloks (bilangan oksidasi) untuk memudahkan. |
5. | Disajikan informasi mengenai nomor atom 2 unsur yang berbeda, peserta didik dapat menentukan jumlah pasangan elektron yang berikatan antara kedua unsur tersebut. | Pelajari cara menentukan pasangan elektron bersama pada ikatan atom C dan O. |
6. | Disajikan informasi mengenai 2 buah unsur yang berikatan, peserta didik dapat menentukan rumus kimia yang terjadi. | Pelajari bagaimana cara pembentukan senyawa. Misal ion H dan ion O membentuk H2O. Ion Na dan ion Cl membentuk NaCl. Ion Mg dan ion Cl membentuk MgCl2. |
7. | Disajikan informasi mengenai proses penghantaran arus listrik dalam uji larutan elektrolit, peserta didik dapat menentukan aliran elektron yang tepat. | Pelajari aliran elektron pada penghantaran arus listrik dalam uji elektrolit. |
8. | Disajikan informasi nomor atom beberapa unsur, peserta didik dapat menyebutkan lambang unsurnya dengan tepat. | Hafalkan lambang unsur dalam tabel sistem periodik unsur (SPU). terutama golongan transisi (logam). |
9. | Disajikan informasi mengenai sebuah senyawa yang terionisasi sempurna, peserta didik dapat menguraikan reaksi tersebut dengan tepat. | Pelajari ionisasi sebuah senyawa dalam suatu reaksi. Pelajari konsep ion. |
10. | Disajikan informasi mengenai beberapa pernyataan tentang ikatan logam, peserta didik dapat menyebutkan pernyataan ikatan logam yang benar. | Pelajari sifat/karakteristik ikatan logam. |
11 - 20
No. | Indikator Soal | Penjelasan |
---|---|---|
11. | Disajikan informasi mengenai sebuah unsur dalam senyawa, peserta didik dapat menentukan bilangan oksidasi unsur tersebut dengan tepat. | Pelajari bagaimana cara menentukan bilangan oksidasi (biloks) dalam suatu senyawa. Misalnya menentukan biloks Mg dalam senyawa MgCl, dsb. |
12. | Disajikan data mengenai indikator elektrolit beberapa larutuan limbah, peserta didik mampu menentukan klasifikasi larutan limbah berdasarkan derajat ionisasinya dengan tepat. | Pelajari bagaimana cara menentukan larutan elektrolit lemah dari hasil percobaan. |
13. | Disajikan informasi mengenai unsur dalam sebuah senyawa, peserta didik | Menentukan biloks Cl pada beberapa senyawa berbeda. |
14. | Disajikan data mengenai jumlah partikel sebuah senyawa yang bereaksi, peserta didik dapat menentukan bilangan oksidasi unsur tersebut dengan tepat. dapat menghitung dan menentukan harga derajat ionisasi senyawa tersebut. | Menentukan harga derajationisasi L(OH)3. |
15. | Disajikan informasi mengenai sebuah senyawa, peserta didik dapat mengidentifikasi biloks salah satu unsur dari senyawa tersebut dengan biloks unsur tersebut pada senyawa lainnya dengan tepat. | Menentukan bilangan oksidasi (biloks) S pada beberapa senyawa. |
16. | Disajikan informasi mengenai unsur dalam sebuah senyawa, peserta didik dapat menentukan bilangan oksidasi unsur tersebut dengan tepat. | Menentukan biloks Mn pada beberapa senyawa tertentu. |
17. | Disajikan informasi mengenai kaidah pengikatan dan pelepasan elektron, peserta didik dapat menyebutkan zat yang mengikat elektron. | Pelajari perbedaan pengertian oksidator dan reduktor. |
18. | Disajikan informasi mengenai unsur dalam sebuah senyawa, peserta didik dapat menentukan bilangan oksidasi unsur tersebut dengan tepat. | Menentukan bilangan oksidasi (biloks) S pada beberapa senyawa. |
19. | Disajikan informasi mengenai ilustrasi sebuah percobaan beberapa larutan limbah larutan dengan alat uji elektrolit, peserta didik dapat mengklasifikasikan larutan tersebut dengan tepat. | Pelajari cara menentukan larutan elektrolit lemah dari hasil uji percobaan. |
20. | Disajikan informasi mengenai sebuah indicator alat uji elektrolit, peserta didik dapat menentukan senyawa yang termasuk pada larutan elektrolit kuat dengan tepat. | Pelajari contoh larutan yang tergolong elektrolit kuat. |
21 - 30
No. | Indikator Soal | Penjelasan | |
---|---|---|---|
21. | Disajikan informasi mengenai salah satu pendapat ahli terkait hukum dasar kimia, peserta didik dapat menyebutkan nama ahli tersebut dengan tepat. | Baca dan pelajari bunyi hukum perbandingan tetap yang dikemukakan oleh Proust. | |
22. | Disajikan sebuah reaksi antara sejumlah logam besi dengan belerang, peserta didik dapat menentukan massa logam besi yang telah bereaksi dengan tepat. | Pelajari bagaimana cara penghitungan hukum kekekalan massa. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. | |
23. | Disajikan sebuah reaksi pembakaran magnesium dengan oksigen, peserta didik dapat mengidentifikasi massa magnesium oksida yang dihasilkan dengan tepat. | Pelajari bagaimana cara penghitungan hukum kekekalan massa. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
24. | Disajikan suatu reaksi antara unsur hidrogen dengan oksigen yang membentuk air, peserta didik dapat menentukan massa oksigen yang bereaksi dengan tepat. | Pelajari bagaimana cara penghitungan hukum kekekalan massa. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
25. | Disajikan perbandingan massa antara unsur karbon dan unsur oksigen, peserta didik dapat menghitung massa karbon dan oksigen yang dibutuhkan untuk menghasilkan senyawa karbondioksida. | Pelajari perhitungan hukum perbandingan tetap. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. | |
26. | Disajikan nama-nama unsur dengan massa yang berbeda, peserta didik dapat menentukan reaksi yang terbentuk dengan massanya secara tepat. | Pelajari perhitungan hukum perbandingan tetap. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
27. | Disajikan berbagai macam reaksi, peserta didik dapat menganalisis reaksi yang tidak sesuai dengan hukum kekekalan massa secara tepat. | Pelajari bagaimana cara penghitungan hukum kekekalan massa. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
28. | Disajikan reaksi gas nitrogen dengan gas hidrogen yang menghasilkan gas amonia, peserta didik dapat menentukan jumlah gas hidrogen yang bereaksi dengan tepat. | Pelajari perhitungan hukum perbandingan tetap. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
29. | Disajikan beberapa pernyataan tentang Hukum Lavoisier, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang paling benar. | Pelajari bunyi hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) | |
30. | Disajikan perbandingan massa hidrogen dengan oksigen dalam senyawa air, peserta didik dapat menentukan massa senyawa oksigen yang diperlukan dengan tepat. | Pelajari perhitungan hukum perbandingan tetap. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
No. | Indikator Soal | Penjelasan | |
---|---|---|---|
31. | Disajikan massa atom relatif unsur sulfur dan oksigen, peserta didik dapat menghitung perbandingan massa unsur pada dua senyawa yang berbeda. | Pelajari perhitungan hukum kelipatan tetap/kelipatan berganda. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
32. | Disajikan perbandingan massa karbon dan oksigen dalam senyawa karbondioksida, peserta didik dapat menentukan massa karbondioksida yang akan terbentuk. | Pelajari perhitungan hukum perbandingan tetap. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
33. | Disajikan massa atom relatif besi dan sulfur, peserta didik dapat menyebutkan perbandingan massa besi dan sulfur dalam senyawa Besi Sulfida dengan tepat. | Pelajari perhitungan hukum perbandingan tetap. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
34. | Disajikan suatu reaksi, peserta didik dapat menghitung massa yang diperlukan agar senyawa dapat bereaksi dengan tepat. | Pelajari perhitungan hukum perbandingan tetap. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
35. | Disajikan tabel data hasil eksperimen, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum dasar kimia yang sesuai dengan data hasil eksperimen tersebut. | Pahami konsep hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier). Ingat, massa sebelum dan sesudah reaksi sama. | |
36. | Disajikan tabel data massa unsur, peserta didik dapat menentukan hukum dasar kimia yang dimaksud dengan tepat. | Pahami konsep hukum kelipatan tetap. | |
37. | Disajikan unsur yang membentuk suatu senyawa, peserta didik dapat menentukan perbandingan oksigen pada kedua senyawa tersebut. | Pelajari perhitungan hukum kelipatan tetap/kelipatan berganda. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
38. | Disajikan masing-masing dua senyawa dengan massa yang berbeda, peserta didik dapat menentukan perbandingan massa unsur pertama dengan unsur kedua. | Pelajari perhitungan hukum kelipatan tetap/kelipatan berganda. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
39. | Disajikan masing-masing dua senyawa dengan massa yang berbeda, peserta didik dapat menentukan perbandingan massa unsur pertama dengan unsur kedua. | Pelajari perhitungan hukum kelipatan tetap/kelipatan berganda. Lihat kembali soal latihan yang telah dibahas. |
|
40. | Disajikan beberapa pasangan reaksi, peserta didik dapat menentukan fenomena sesuai dengan hukum dalton dengan tepat. | Pelajari contoh reaksi kimia menurut hukum perbandingan tetap (hukum Dalton). |
Demikian kisi-kisi PSAT kimia kelas X. Selamat belajar, semoga sukses.
Post a Comment for "Kisi-kisi PSAT Kimia Kelas X Beserta Penjelasan"