Kisi-kisi PAT Biologi Kelas XI Lengkap Dengan Pembahasan
afnanalfaqih.my.id - Halo adik-adik kelas XI, berikut adalah Kisi-kisi PAT Biologi. Silakan pelajari dengan sebaik-baiknya.
Materi Sistem Peredaran Darah
NO | INDIKATOR SOAL | PENJELASAN |
---|---|---|
1. | Disajikan pernyataan seseorang yang sakit, peserta didik mampu membaca hasil pemeriksaan sfigmomanometer. | Pelajari bagaimana cara membaca angka yang ditunjukkan oleh alat sfigmomanometer. Bedakan antara angka sistole dan diastole. |
2. | Disajikan data mengenai praktik uji golongan darah, peserta didik mampu membaca hasil pengamatan tersebut. | Pelajari bagaimana cara menentukan golongan darah melalui praktikum. Kalian harus bisa membaca nama golongan darah A, B, AB, dan O setelah ditetesi serum anti-A dan anti-B. |
Materi Sistem Pencernaan
NO | INDIKATORSOAL | PENJELASAN |
---|---|---|
1. | Disajikan data mengenai tinggi badan dan berat badan seseorang, peserta didik mampu menghitung berat badan ideal. | Pelajari bagaimana cara menghitung berat badan ideal. Ingat pula bagaimana rumus menghitungnya. |
Materi Sistem Pernapasan
NO | INDIKATORSOAL | PENJELASAN |
---|---|---|
1. | Disajikan pernyataan mengenai volume dan kapasitas paru-paru, peserta didik mampu menyebutkan pengertian volume udara residu. | Pelajari pengertian volume udara residu. Bedakan pula dengan volume udara tidal. |
2. | Disajikan gambar percobaan uji pernapasan pada serangga, peserta didik mampu menjelaskan fungsi alat dan bahan percobaan tersebut. | Pelajari percobaan uji pernapasan serangga. Pahami mengapa eosin (cairan berwarna merah) dapat bergerak. Apa fungsi KOH. |
3. | Disajikan tabel data volume udara pernapasan, peserta didik mampu menghitung kapastias vital paru-paru. | Pelajari bagaimana cara menghitung kapasitas vital paru-paru (KV). Ingat-ingat rumusnya dengan baik. |
Materi Sistem Ekskresi
NO | INDIKATOR SOAL | PENJELASAN |
---|---|---|
1. | Disajikan gambar paru-paru, peserta didik mampu menyebutkan alasan mengapa paru-paru digolongkan kedalam organ sistem ekskresi. | Pelajari mengapa paru-paru digolongkan kedalam organ sistem ekskresi. |
2. | Disajikan tabel organ sistem ekskresi, peserta didik mampu menyebutkan organ sistem ekskresi beserta zat yang dihasilkannya. | Pelajari organ-organ ekskresi dan zat yang dihasilkannya. |
3. | Disajikan gambar kulit, peserta didik mampu menyebutkan gangguan yang terjadi (dihubungkan dengan fungsinya sebagai organ ekskresi) | Pelajari zat yang dikeluarkan oleh kulit. |
4. | Disajikan tahap-tahap proses pembentukan urine, peserta didik mampu menjelaskan peristiwa yang terjadi pada tahap tersebut. | Pelajari peristiwa yang terjadi pada tahap reabsorpsi. |
5. | Disajikan pernyataan mengenai elektrolit, peserta didik mampu menjelaskan fungsi larutan elektrolit bagi tubuh. | Pelajari fungsi larutan elektrolit bagi tubuh. |
6. | Disajikan gambar nefron ginjal, peserta didik mampu menyebutkan fungsi glomerulus pada proses pembentukan urine. | Pelajari gambar glomerulus dan fungsinya pada proses pembentukan urine. |
7. | Disajikan skema pembentukan urine, peserta didik mampu menjelaskan tahap-tahap proses pembentukan urine. | Pahami tahap-tahap proses pembentukan urine. Tahap 1 Filtrasi terjadi di glomerulus, menghasilkan urine primer. Tahap 2 Reabsorpsi terjadi di tubulus, menghasilkan urine sekunder Tahap 3 Augmentasi terjadi di tubulus, menghasilkan urine sesungguhnya. |
8. | Disajikan gambar hati, peserta didik mampu menyebutkan fungsi hati sebagai organ ekskresi. | Pelajari fungsi hati sebagai organ ekskresi. |
9. | Disajikan skema pembentukan empedu (pemecahan sel darah merah), peserta didik mampu menjelaskan tahapannya dengan benar. | Pelajari skema/bagan proses pembentukan empedu/pemecahan sel darah merah. |
10. | Disajikan gambar teknologi cuci darah, peserta didik mampu menjelaskan proses yang terjadi. | Pelajari cara kerja alat cuci darah. |
Materi Sistem Koordinasi
NO | INDIKATOR SOAL | PENJELASAN |
---|---|---|
1. | Disajikan gambar sel saraf (neuron), peserta didik mampu menunjukkan bagian-bagiannya dengan benar. | Pelajari bagian-bagian neuron, terutama dendrit, badan sel, dan akson. |
2. | Disajikan gambar sel saraf (neuron), peserta didik mampu menjelaskan bagian neuron dengan benar. | Pelajari fungsi dendrit. Pelajari juga gambarnya. |
3. | Disajikan gambar otak manusia, peserta didik mampu menunjukkan bagiannya beserta fungsinya dengan benar. | Pelajari fungsi bagian otak, terutama frontalis dan oksipitalis. |
4. | Disajikan pernyataan mengenai aktivitas seseorang, peserta didik mampu menyebutkan jalur gerakan impuls saraf yang terjadi. | Pahami jalur impuls saraf sadar tidak sadar (gerak refleks). |
5. | Disajikan pernyataan mengenai macam-macam saraf, peserta didik mampu menjelaskan fungsinya dengan benar. | Pelajari fungsi saraf motoris, sensoris, dan interneuron. |
6. | Disajikan data ciri-ciri penyakit sistem saraf, peserta didik mampu menyebutkan penyakit tersebut dengan benar. | Pelajari penyakit alzheimer dan ensefalis. |
7. | Disajikan pernyataan mengenai penyalahgunaan NAPZA, peserta didik mampu menyebutkan pengaruhnya terhadap gangguan fisioneurologic. | Pelajari pengaruh NAPZA terhadap gangguan fisioneurologic. Baca pula pada soal-soal yang telah dibahas. |
8. | Disasjikan pernyataan tentang gangguan otak, peserta didik mampu menyebutkan bagian yang rusak. | Cari fungsi otak kecil atau serebelum, dan akibatnya bila terjadi kerusakan. |
9. | Disajikan gambar kelainan pada mata, peserta didik mampu menyebutkan jenis kelainan dengan benar. | Pelajari kelainan pada mata terutama miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), dan presbiopi. |
10. | Disajikan gambar telinga, peserta didik mampu menyebutkan fungsi bagiannya dengan benar. | Pelajari gambar bagian telinga beserta fungsinya, terutama membran timpani dan tulang-tulang pendengaran. |
11. | Disajikan pernyataan mengenai gelombang bunyi yang masuk ke telinga, peserta didik mampu mengurutkan getaran bunyi tersebut. | Pelajari urutan tulang-tulang pendengaran (Maleus-inkus-stapes) |
12. | Disajikan pernyataan mengenai proses perambatan bunyi pada telinga, peserta didik mampu mengurutkan susunan bagian yang terlewati bunyi tersebut dengan benar. | Ingat, pelajari susunan tulang pendengaran dengan baik. Maleus (martil) - inkus (landasan) - stapes (sanggurdi) |
13. | Disajikan pernyataan mengenai gangguan pada hidung, peserta didik mampu menyebutkan jenis gangguan yang dimaksud. | Pelajari pengertian sinusitis, hiperosmia, anosmia, dan hiposmia. |
14. | Disajikan gambar lidah, peserta didik mampu menunjukan area lidah yang menerima rasa. | Pelajari bagian yang merespon rasa asin dan manis. |
Materi Sistem Reproduksi
NO | INDIKATOR SOAL | PENJELASAN |
---|---|---|
1. | Disajikan gambar organn reprduksi wanita, peserta didik mampu menjelaskan bagian-bagiannya beserta fungsinya dengan benar. | Pelajari bagian tuba fallopi, ovarium, endometrium, dan fimbrae. |
2. | Disajikan gambar organ reproduksi pada laki-laki, peserta didik mampu menunjukkan bagian yang diikat/potong pada metode kontrasepsi (vasektomi) | Pelajari soal-soal yang telah diberikan. |
3. | Disajikan gambar spermatogenesis dan oogenesis, peserta didik mampu membedakan dari kedua proses tersebut dengan benar. | Pelajari soal-soal yang telah diberikan. |
4. | Disajikan gambar siklus menstruasi, peserta didik mampu menjelaskan alasan mengapa kehamilan tidak dapat terjadi. | Pada siklus mentruasi, terjadi fase pra-ovulasi, ovulasi, dan pasca ovulasi. Ovulasi adalah lepasnya sel telur dari ovarium. Kehamilan tidak akan terjadi apabila sperma yang datang belum terjadi ovulasi. |
5. | Disajikan pernyataan mengenai penyakit pada sistem reproduksi laki-laki, peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri penyakit Gonorhoe. | Cari dan pelajari ciri-ciri penyakit Gonorhoe. Ciri gonorhoe diantaranya terdapat bejolan di bagian organ kelamin, merah dan membengkak, terkadang pecah sendiri bejolannya. |
6. | Disajikan pernyataan mengenai ASI, peserta didik mampu menjelaskan fungsi ASI | Cari dan pelajari fungsi ASI. Fungsi ASI diantaranya yaitu dapat meningkatkan kekebalan atau antibodi dari tubuh ibu, memiliki kandungan zat gizi tinggi untuk pertumbuhan dan kecerdasan bayi, dapat diminum setiap saat (tidak seperti susu formula yang harus membuat dulu), serta mempererat hubungan batin dan kasih sayang antara ibu dan bayi. |
7. | Disajikan gambar janin, peserta didik mampu menyebutkan fungsi ari-ari atau tali pusar. | Tali pusar berfungsi memiliki fungsi menyalurkan zat makanan dan oksigen dari ibu. |
8. | Disajikan gambar organ reproduksi laki-laki, peserta didik mampu menyebutkan fungsi epididimis. | Cari dan pelajari fungsi epididimis. Epididimis berfungsi sebagai tempat pematangan sperma. |
9. | Disajikan gambar siklus menstruasi, peserta didik mampu menyebutkan yang bukan termasuk fase pra-ovulasi | Pada pra-ovulasi, hormon LH tidak banyak diproduksi. Sebab, hormon LH yang tinggi memicu ovulasi. |
10. | Disajikan pernyataan mengenai ASI, peserta didik mampu menjelaskan fungsi ASI | Cari dan pelajari fungsi ASI. Salah satu fungsi ASI pada pencernaan bayi yaitu saluran cerna bayi banyak dihuni bakteri baik. |
Demikian kisi-kisi soal PSAT. Selamat belajar semoga sukses.
Post a Comment for "Kisi-kisi PAT Biologi Kelas XI Lengkap Dengan Pembahasan"