Soal US Matematika SD dan Pembahasan, Konsep Operasi Hitung Bilangan
Sebelum siswa mengerjakan soal, maka alangkah lebih baiknya menguasai terlebih dahulu konsepnya. Jika siswa sudah menguasai konsep maka dikasih soal apapun maka tidak akan ada kata “sulit”.
Matematika sebenarnya tidak sulit jika kita tahu konsep dasarnya. Banyak yang beranggapan soal matematika adalah soal tersulit, mulai dari anak SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Mengapa mereka beranggapan demikian? Sebab mereka tidak menguasai konsep dasar matematika. Mereka yang menganggap sulit, sebab mereka langsung berhadapan dengan soal kompleks tanpa meguasai konsep dasarnya. Akhirnya ya menganggap soalnya sulit.
Matematika sebenarnya tidak sulit jika kita tahu konsep dasarnya. Banyak yang beranggapan soal matematika adalah soal tersulit, mulai dari anak SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Mengapa mereka beranggapan demikian? Sebab mereka tidak menguasai konsep dasar matematika. Mereka yang menganggap sulit, sebab mereka langsung berhadapan dengan soal kompleks tanpa meguasai konsep dasarnya. Akhirnya ya menganggap soalnya sulit.
Pada postingan kali ini, akan dibahas contoh soal USBN SD mata pelajaran matematika. Materi yang dibahas adalah operasi hitung bilangan. Namun sebelum membahas soal lebih lanjut, Saya akan mengingatkan konsep dasar operasi hitung bulangan yang biasanya diperlukan saat menaklukkan soal USBN SD.
Operasi Hitung Bilangan
Bilangan cacah merupakan bilangan-bilangan bulat positif dan nol. Bilangan cacah mulai dari 0, 1, 2, 3, 4, … dst.
Sifat Operasi
Ada beberapa sifat dalam mengoperasikan bilangan, diantaranya yaitu:
Dan berikut urutan operasi hitung:
1. Pada dasarnya, operasi hitung yaitu dari kiri ke kanan. Tetapi, bila ada tanda kurung, maka operasi dikerjakan terlebih dahulu.
2. Urutan operasi hitung campuran yaitu perkalian atau pembagian, dan penjumlahan atau pengurangan.
3. Perkalian dan pembagian adalah sama kuat. Oleh sebab itu, mana yang letaknya lebih di depan (kiri) maka dikerjakan terlebih dahulu.
4. Sama halnya dengan penjumlahan dan pengurangan sama kuat. Maka yang dikerjakan terlebih dahulu adalah yang letaknya paling depan (kiri).
Nah setelah mengetahui konsep dasar operasi bilangan maka akan lebih mudah untuk menaklukkan soal. Di bawah ini merupakan contoh soal USBN Matematika SD.
Selamat berlatih.
1. Hasil dari 12.365 – 1.217 + 580 adalah…
A. 11.728
B. 11.722
C. 11.636
D. 11.632
Jawab: A
Pembahasan:
Operasi di atas merupakan campuran antara penjumlahan dan pengurangan. Hal yang pertama dikerjakan yaitu pengurangan, sebab letaknya paling depan (kiri).
12.365 – 1.217 + 580
= (12.365 – 1.217) + 580
= 11.148 + 580
= 11.728
2. 3.065 + 7.987 – 8.008 = …
A. 2.934
B. 2.944
C. 3.044
D. 3.054
Jawab: C
Pembahasan:
Yang dikerjakan terlebih dahulu adalah yang letaknya paling depan, yaitu penjumlahan.
3065 + 7987 – 8008
= (3.065 + 7.987) – 8.008
= 11.052 – 8.008
= 3.044
3. 7.996 – 5.438 + 2048 =
A. 5.576
B. 4.576
C. 4.566
D. 4.476
Jawab: B
Pembahasan:
Kerjakan dahulu operasi pengurangan.
7.966 – 5.438 + 2.048
= (7.966 – 5.438) + 2.048
= 5.438 + 2.048
= 4.576
4. 4.506 + 13.035 – 11.491 =
A. 6.150
B. 6.090
C. 6.050
D. 6.020
Jawab: C
Pembahasan:
Kerjakan dahulu operasi penjumlahan.
4.506 + 13.035 – 11.491
= (4.506 + 13.035) – 11.491
= 17.541 – 11.491
= 6.050
5. 4.875 – (3.286 – 1.686) + 25 = …
A. 3.300
B. 2.300
C. 1.300
D. 300
Jawab: A
Pembahasan:
Jika bentuk operasi seperti di atas, maka yang dikerjakan terlebih dahulu yaitu yang ada dalam kurung.
4.875 – (3.286 – 1.686) + 25
= 4.875 – 1.600 + 25
= (4.875 – 1.600) + 25
= 3.275 + 25
= 3.300
6. 768 : 16 x 23 = …
A. 1.204
B. 1.104
C. 1.084
D. 1.004
Jawab: B
Pembahasan:
Soal di atas teemasuk soal campuran perkalian dan pembagian. Yang pertama dikerjakan yaitu yang paling depan (kiri) yaitu pembagian.
768 : 16 x 23
= (768 : 16) x 23
= 48 x 23
= 1.104
7. 186 x 24 : 6 = …
A. 558
B. 568
C. 744
D. 764
Jawab: C
Pembahasan:
Kerjakan dahulu yang di depan, yaitu perkalian.
186 x 24 : 6
= (186 x 24) : 6
= 4.464 : 6
= 744
8. 5.292 : 7 x 18 = …
A. 6.794
B. 6.804
C. 13.168
D. 13.608
Jawab: D
Pembahasan:
Kerjakan pembagian dulu karena letaknya paling depan.
5.292 : 7 x 18
= (5.292 :7) x 18
= 756 x 18
= 13.608
9. (52 x 12) : (13 x 6) = …
A. 6
B. 8
C. 12
D. 14
Jawab: B
Pembahasan:
Kerjakan dulu yang terdapat dalam kurung.
(52 x 12) : (13 x 6)
= 624 : 78
= 8
10. Hasil dari 7.894 + 12.876 : 12 – 1.001 = …
A. 7.926
B. 7.946
C. 7.966
D. 7.986
Jawab: C
Pembahasan:
Soal tersebut yaitu operasi hitung campuran, ada pembagian dan pengurangan penjumlahan. Yang pertama kali dikerjakan yakni pembagian.
7.894 + (12.876 : 12) – 1.001
= 7.894 + 1.073 – 1.001
= (7.894 + 1.073) – 1.004
= 8.967 – 1.001
= 7.966
Operasi Hitung Bilangan
Bilangan cacah merupakan bilangan-bilangan bulat positif dan nol. Bilangan cacah mulai dari 0, 1, 2, 3, 4, … dst.
Sifat Operasi
Ada beberapa sifat dalam mengoperasikan bilangan, diantaranya yaitu:
Operasi Hitung Bilangan |
Dan berikut urutan operasi hitung:
1. Pada dasarnya, operasi hitung yaitu dari kiri ke kanan. Tetapi, bila ada tanda kurung, maka operasi dikerjakan terlebih dahulu.
2. Urutan operasi hitung campuran yaitu perkalian atau pembagian, dan penjumlahan atau pengurangan.
3. Perkalian dan pembagian adalah sama kuat. Oleh sebab itu, mana yang letaknya lebih di depan (kiri) maka dikerjakan terlebih dahulu.
4. Sama halnya dengan penjumlahan dan pengurangan sama kuat. Maka yang dikerjakan terlebih dahulu adalah yang letaknya paling depan (kiri).
Nah setelah mengetahui konsep dasar operasi bilangan maka akan lebih mudah untuk menaklukkan soal. Di bawah ini merupakan contoh soal USBN Matematika SD.
Selamat berlatih.
1. Hasil dari 12.365 – 1.217 + 580 adalah…
A. 11.728
B. 11.722
C. 11.636
D. 11.632
Jawab: A
Pembahasan:
Operasi di atas merupakan campuran antara penjumlahan dan pengurangan. Hal yang pertama dikerjakan yaitu pengurangan, sebab letaknya paling depan (kiri).
12.365 – 1.217 + 580
= (12.365 – 1.217) + 580
= 11.148 + 580
= 11.728
2. 3.065 + 7.987 – 8.008 = …
A. 2.934
B. 2.944
C. 3.044
D. 3.054
Jawab: C
Pembahasan:
Yang dikerjakan terlebih dahulu adalah yang letaknya paling depan, yaitu penjumlahan.
3065 + 7987 – 8008
= (3.065 + 7.987) – 8.008
= 11.052 – 8.008
= 3.044
3. 7.996 – 5.438 + 2048 =
A. 5.576
B. 4.576
C. 4.566
D. 4.476
Jawab: B
Pembahasan:
Kerjakan dahulu operasi pengurangan.
7.966 – 5.438 + 2.048
= (7.966 – 5.438) + 2.048
= 5.438 + 2.048
= 4.576
4. 4.506 + 13.035 – 11.491 =
A. 6.150
B. 6.090
C. 6.050
D. 6.020
Jawab: C
Pembahasan:
Kerjakan dahulu operasi penjumlahan.
4.506 + 13.035 – 11.491
= (4.506 + 13.035) – 11.491
= 17.541 – 11.491
= 6.050
5. 4.875 – (3.286 – 1.686) + 25 = …
A. 3.300
B. 2.300
C. 1.300
D. 300
Jawab: A
Pembahasan:
Jika bentuk operasi seperti di atas, maka yang dikerjakan terlebih dahulu yaitu yang ada dalam kurung.
4.875 – (3.286 – 1.686) + 25
= 4.875 – 1.600 + 25
= (4.875 – 1.600) + 25
= 3.275 + 25
= 3.300
6. 768 : 16 x 23 = …
A. 1.204
B. 1.104
C. 1.084
D. 1.004
Jawab: B
Pembahasan:
Soal di atas teemasuk soal campuran perkalian dan pembagian. Yang pertama dikerjakan yaitu yang paling depan (kiri) yaitu pembagian.
768 : 16 x 23
= (768 : 16) x 23
= 48 x 23
= 1.104
7. 186 x 24 : 6 = …
A. 558
B. 568
C. 744
D. 764
Jawab: C
Pembahasan:
Kerjakan dahulu yang di depan, yaitu perkalian.
186 x 24 : 6
= (186 x 24) : 6
= 4.464 : 6
= 744
8. 5.292 : 7 x 18 = …
A. 6.794
B. 6.804
C. 13.168
D. 13.608
Jawab: D
Pembahasan:
Kerjakan pembagian dulu karena letaknya paling depan.
5.292 : 7 x 18
= (5.292 :7) x 18
= 756 x 18
= 13.608
9. (52 x 12) : (13 x 6) = …
A. 6
B. 8
C. 12
D. 14
Jawab: B
Pembahasan:
Kerjakan dulu yang terdapat dalam kurung.
(52 x 12) : (13 x 6)
= 624 : 78
= 8
10. Hasil dari 7.894 + 12.876 : 12 – 1.001 = …
A. 7.926
B. 7.946
C. 7.966
D. 7.986
Jawab: C
Pembahasan:
Soal tersebut yaitu operasi hitung campuran, ada pembagian dan pengurangan penjumlahan. Yang pertama kali dikerjakan yakni pembagian.
7.894 + (12.876 : 12) – 1.001
= 7.894 + 1.073 – 1.001
= (7.894 + 1.073) – 1.004
= 8.967 – 1.001
= 7.966
Post a Comment for "Soal US Matematika SD dan Pembahasan, Konsep Operasi Hitung Bilangan"