Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal USBN Sejarah SMA Tahun Pelajaran 2017/2018 Beserta Kunci Jawabannya

Soal USBN Sejarah SMA Tahun Pelajaran 2017/2018

Berikut adalah soal USBN Sejarah SMA Tahun Pelajaran 2017/2018. Kunci jawaban ada di akhir postingan.

Selamat Belajar.

1. Pengertian sejarah menurut para ahli
1) Kesusastraan lama, silsilah, asal-usul
2) Catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia
3) Catatan kejadian tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu
4) Ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lamapau
5) Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut
Pengertian sejarah menurut Ibnu khaldun adalah nomor....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

2.  Perhatikan gambar berikut:
Soal USBN Sejarah SMA Tahun Pelajaran 2017/2018

Berdasarkan gambar di atas manakah yang termasuk ke dalam jenis sumber sejarah lisan...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

3. Ir. Soekarno lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901, beliau dikenal sebagai seorang negarawan dan seorang proklamator. Pada masa pemerintahan Belanda, beliau menghabiskan waktunya di penjara dan tempat-tempat pengasingan. Pada bulan Mei 1945 dibentuk BPUPKIsebagai usahauntuk mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ir. Soekarno dalam salah satu sidang BPUPKI merumuskan dasar negara yang dikenal sebagai Pancasila. Pada tanggal 17 Agustus 1945 bersama Moh. Hatta sebagai wakil bangsa memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Atas jasa-jasanya beliau, dianugerahi gelar Pahlawan Proklamasi. Beliau meninggal pad 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.
Fungsi sejarah manakah yang sesuai dengan kutipan di atas......
a. Inspiratif
b. Edukatif
c. Rekreatif
d. Instrinsik
e. Ekstrinsik

4. Perhatikan peristiwa sejarah berikut!
(1) Tanggal 6 Agustus 1945 Amerika menjatuhkan bom atom di kota Hirosima
(2) Tanggal 9 Agustus 1945 bom kedua dijatuhkan dikota Nagasaki
(3) Tanggal 12 Agustus 1945 Pemerintah Jepang melalui Marsekal Terauchi di Dalat Vietnam segera memberikan kemerdekaan untuk Indonesia
(4) Tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada Sekutu
(5) Tanggal 16 Agustus terjadi peristiwa Rengadengklok
Peristiwa-peristiwa sejarah di atas merupakan peristiwa-peristiwa berdasarkan kronologis karena ….
A. disusun secara runtut, teratur, dan berkesinambungan berdasarkan urutan waktu kejadian
B. disusun berdasarkan pembabakan waktu dalam sejarah menurut sifat, bentuk, atau unit
C. mempunyai hukum sebab-akibat mengenai suatu peristiwa, keadaan atau perkembangan
D. disusun dengan memahami kehidupan sosial secara meluas dan berdimensi ruang
E. memiliki unsur ruang atau tempat terjadinya suatu peristiwa sejarah terkait dengan unsur geografis

5.  Berdasarkan berita Cina diperoleh keterangan bahwa Raja Dharmawangsa pada tahun 990-992 menyerang Kerajaan Sriwijaya. Airlangga datang ke Pulau Jawa untuk meminang putri Dharmawangsa, pada tahun 1016. Namun pada saat upacara pernikahan berlangsung, kerajaan mendapat serangan dari Raja Wurawari yang bekerjasama dengan Sriwijaya. Peristiwa ini disebut pralaya atau kehancuran.
Konsep waktu dari ilustrasi peristiwa sejarah di atas adalah….
a. 990-992 dan 1016
b. Pulau Jawa
c. Dharmawangsa
d. Pralaya
e. Sriwijaya

6. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Pembacaan teks proklamasi dilaksanakan di jln. Pegangsaan Timur no.56
2) Mahapatih Gajah Mada membacakan ikrar Sumpah Amukti Palapa
3) Belanda mendirikan VOC yang berkantor pusat di Ambon
4) Fatahillah menaklukan Sunda Kelapa
5) Pembacaan ikrar Sumpah Pemuda ketika Kongres Pemuda II
Berdasarkan pernyataan di atas, urutan waktu peristiwa yang tepat adalah....
a. 3, 4, 5, 1 dan 2
b. 4, 5, 1, 2 dan 3
c. 2, 3, 1, 5 dan 4
d. 4, 2, 3, 1 dan 5
e. 2, 4, 3, 5 dan 1

7. Setelah seorang peneliti menentukan topik yang akan diangkatnya maka langkah selanjutnya yaitu mengumpulkan sumber-sumber sejarah atau dikenal dengan heuristik. Setiap sumber sejarah akan mempunyai kelebihan dan bahkan kelemahannya mengenai topik penelitian yang sedang diteliti. Oleh sebab itu ketepatan dalam memilih sumber sejarah tergantung kejelian dari seorang peneliti sejarah dalam menjaga obyektivitas penelitiannya. Berdasarkan deskripsi tersebut maka dapat disimpulkan yaitu ....
A. banyaknya sumber sekunder yang digunakan oleh peneliti akan menyebabkan kecenderungan penyimpangan 
B. seorang peneliti sejarah harus memiliki kemampuan digitalisasi yang tinggi guna memprediksi usia sumber
C. obyektivitas penelitian sangat didukung oleh sumber primer karena langsung dari pelakunya
D. karya sejarah yang terkenal akan tergantung pada sumber sejarah dengan artefak yang indah
E. artefak sebagai sumber material memberikan makna seni dalam sebuah karya sejarah

8. Pada masyarakat food gathering, mereka sangat menggantungkan diri pada alam. Dimana daerah yang mereka tempati harus dapat memberikan persediaan yang cukup untuk kelangsungan hidupnya. Deskripsi tersebut menunjukkan corak kehidupan masyarakat praaksara yaitu masa ....
A. bercocok tanam yang hidupnya menetap
B. perundagian sehingga banyak para ahli
C. berburu dan meramu yang hidupnya nomaden
D. mengumpulkan makanan untuk kehidupan
E. masa beternak sehingga banyak penggembala

9. Masuk dan berkembangnya kebudayaan Islam di Indonesia membawa pengaruh terhadap berkembangnya kesusastraan. Tradisi tertulis masa Islam yang dikenal di Indonesia adalah....
a. Kitab kuno
b. Hikayat
c. Naskah
d. Dokumen
e. Prasasti

10. Perhatikan pernyataan berikut
1. historiografi
2. verifikasi
3. heuristik
4. interpretasi
5. penentuan topik
Dari pernyataan di atas, urutan dalam melakukan penelitian sejarah yang tepat adalah....
A. 5, 4, 3, 2 dan 1 
B. 5, 2, 3, 4 dan 1
C. 5, 1, 2, 3 dan 4
D. 5, 3, 4, 1 dan 2
E. 5, 3, 2, 4 dan 1

11. Perhatikan data di bawah ini
1) Ditemukan oleh E. Dubois
2) Berjalan tegak
3) Tubuh tegap
4) Alat kunyah kuat
5) Volume otak 900 cc
Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri manusia purba…..
a. Meganthropus Paleojavanicus
b. Pithecanthropus Erectus
c. Pithecanthropus Robustus
d. Homo Soloensis
e. Homo Wajakensis

12. Secara garis besar ada tiga teori yang menjelaskan asal usul manusia purba di Indonesia, yaitu: teori out of Afrika, teori out of  Yunan dan teori Nusantara. Berdasarkan teori out of Afrika, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari......
a. Afrika
b. Yunan
c. Nusantara
d. Eropa
e. Amerika

13. Bangsa Romawi Kuno dan Yunani mempunyai tingkat peradaban yang tinggi. Peradaban inilah yang kemudian dikembangkan oleh Bangsa Barat dan akhirnya tersebar ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia.
Berikut ini adalah contoh peradaban Eropa yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia.....
a. berkembangnya agama nasrani
b. teknik membuat bangunan berbahan dasar tanah liat
c. adanya kepercayaan terhadap roh nenek moyang
d. teknologi pembuatan beton
e. munculnya sistem Negara kota

14. Agama dan kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh golongan prajurit yang menaklukan Indonesia dan menyebarkan agama Hindu di Indonesia. Pernyataan tersebut termasuk teori ….
a. Waisya
b. Arus Balik
c. Nasional
d. Brahmana
e. Ksatrya

15. Proses interaksi masyarakat Indonesia dengan tradisi Hindu-Buddha dapat kita lihat pengaruhnya pada sistem pemerintahan. Sebelum masuknya tradisi Hindu-Buddha, struktur sosial asli masyarakat Indonesia berbentuk suku-suku dengan pimpinannya ditunjuk berdasarkan kelebihan yang dimiliki biasanya secara fisik. Sistem ini berubah saat masuknya Hindu-Buddha. Simpulan dari deskripsi tersebut adalah ....
A. akulturasi budaya antara kebudayaan masyarakat Indonesia dengan tradisi Hindu-Buddha pada sistem pemerintahan terjadi karena adanya hubungan erat antara para pedagang Indonesia dengan India
B. terjadinya perubahan sistem pemerintahan pada masa Hindu-Buddha merupakan bentuk akulturasi budaya yang disebakan karena pengaruh modernisasi yang terjadi pada masyarakat Indonesia
C. perkembangan interaksi antara masyarakat Indonesia dengan tradisi Hindu-Buddha melahirkan proses akulturasi budaya pada sistem pemerintahan yaitu melibatkan keluarga dalam pemerintahannya
D. pengaruh tradisi Hindu-Buddha pada kehidupan masyarakat Indonesia terhadap sistem pemerintahan terjadi perubahan yaitu dari prinsip primus inter pares menjadi dewa raja
E. proses akulturasi budaya pada masa Hindu-Buddha berkembang secara cepat seiring dengan meningkatnya proses interaksi yang dilakukan masyarakat asli Indonesia dalam berinteraksi dengan budaya luar

15. Kerajaan Demak berdiri kira-kira tahun 1478. Hal ini didasarkan pada saat jatuhnya Majapahit yang diperintah oleh Prabu Kertabumi (Brawijaya V). kerajaan Demak kemudian berkembang menjadi kerajaan besar Raden Patah memimpin. Keadaan sosial di Demak tidak jauh berbeda seperti kerajaan Majapahit. Sebagai pusat penyebaran Islam di Nusantara, Kerajaan Demak menjadi tempat berkumpulnya para wali. Budaya Islam tersebar sangat luas di Kerajaan Demak. Dampak yang dirasakan dari hal tersebut adalah terjadi hubungan erat antara masyarakat dengan para wali tersebut.
Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa corak kehidupan masyarakat Demak mulai memperlihatkan perbedaan dibandingkan dengan keadaan masyarakat sebelumnya, karena…..
a. diterapkannya sistem birokrasi pemerintahan yang didasarkan sistem birokrasi Islam
b. tidak dikenalnya sistem pelapisan masyarakat yang didasarkan pada status sosial seseorang
c. diterapkannya sistem sentralisasi birokrasi sehingga raja menjadi penguasa tunggal
d. struktur sosial masyarakat didasarkan pada aturan-aturan sesuai dengan ajaran agama Islam
e. adanya penggunaan aturan-aturan dan hukum sesuai ajaran Islam sehingga  masyarakat lebih tertib dan teratur

16. Prasasti Kutai berbunyi
“ Sang Mulawarman, raja yang mulia juga terkemuka, telah memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para brahmana yang seperti api, (bertempat) di dalam tanah yang suci (bernama) Waprakeswara. Buat (peringatan) akan kebaikan budi sang raja itu, tugu ini telah dibuat oleh para Brahmana yang datang ke tempat ini”
Berdasarkan paparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa kehidupan sosial masyarakat kerajaan Kutai adalah….
a. Telah mengenal mata pencaharian dalam beternak
b. Sudah memiliki pengetahuan tentang pelayaran dan astronomi
c. Sudah teratur dalam bentuk kerajaan yang bercorak Hindu
d. Sudah ada stratifikasi sosial dengan kasta tertinggi Brahmana
e. Mengenal sistem ekonomi dalam bentuk alat tukar uanng

17. Kerajaan Aceh didirikan oleh Sultan Ibrahim yang bergelar Ali Mughayat Syah (1514-1528). Aceh menjadi penting karena mundurnya Kerajaan Samudera Pasai dan berkemabangnya Kerajaan Malaka. Para pedagang kemudian lebih sering datang ke Aceh. Kerajaan ini terletak di bagian utara Pulau Sumatra dan dekat dengan jalur perdagangan dan pelayaran internasional. Ramainya aktivitas perdagangan dan pelayaran di bandar-bandar Kerajaan Aceh menyebabkan berkembangnya kerajaan tersebut dalam bidang pemerintahan, sosial, ekonomi maupun kebudayaan.
Berdasarkan teks di atas, pernyataan manakah yang menggambarkan kerajaan Aceh sebagai kerajaan maritim di Indonesia.....
a. Para pedagang lebih sering datang ke Aceh
b. Ramainya aktivitas perdagangan dan pelayaran di Aceh
c. Mundurnya Kerajaan Samudera Pasai dan berkembangnya Kerajaan Malaka
d. Kerajaan Aceh dekat dengan jalur perdagangan dan pelayaran internasional
e. Terjadi perkembangan kehidupan masyarakat Aceh dalam segala bidang

18. Berkembangnya organisasi pergerakan nasional terjadi seiring berlakunya politik etis oleh kolonial Belanda. Adanya diskriminasi kelas sosial menimbulkan ketidakpuasan dari warga keturunan campuran karena mereka dianggap lebih rendah kedudukannya dari pada orang Belanda asli (totok). Berdirilah Indische Partij (IP) oleh tokoh Tiga Serangkai.
Berdasarkan ilustrasi tersebut hubungannya dengan perkembangan IP yaitu ....
A. IP menjadi organisasi yang terus berkembang dengan strategi radikalnya dalam mengkritisi pemerintah kolonial di Hindia Belanda
B. Bagi pemerintah kolonial keberhasilan Indische Partij mendapat simpatisan dari masyarakat merupakan suatu yang berbahaya maka Indische Partij dinyatakan sebagai organisasi terlarang
C. Pemerintah kolonial berkolaborasi dengan IP dalam meningkatkan pendidikan masyarakat pribumi yang mayoritas mengalami buta aksara
D. Tokoh IP menjadi tokoh terkenal dikalangan para pejabat kolonial karena berhasil melakukan propaganda kepada mayoritas bangsa Indonesia
E. IP keanggotaannya hanya meliputi para keturunan campuran yang bersimpati terhadap kemerdekaan Indonesia dan bergerak secara moderat

***
Berikut adala kunci jawabannya:
1. C
2. D
3. A
4. A
5. A
6. E
7. A
8. A
9. B
10. E

11. B
12. A
13. D
14. E
15. D
16. D
17. D
18. B

Post a Comment for "Soal USBN Sejarah SMA Tahun Pelajaran 2017/2018 Beserta Kunci Jawabannya"