Download RPP Terbaru Biologi Kelas X KD 3.2 Keanekaragaman Hayati
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XI /2
Materi Pokok : Keanekaragaman hayati
Alokasi Waktu : 3 JP (3 x 45’)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1.
|
Kompetensi Pengetahuan
Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta
ancaman dan pelestariannya
|
1.
Mengidentifikasi keanekaragaman hayati
2.
Menjelaskan konsep tingkat keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem
3.
Mengidentifikasi pola sebaran keanekaragaman hayati di Indonesia
(orientalis, peralihan, dan australia)
|
2.
|
Menyajikan hasil observasi berbagai
tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya
|
1.
Melakukan observasi berbagai tingkat
keanekaragaman hayati Indonesia
|
Melalui model pembelajaran Inkuiri 5E diharapkan peserta didik mampu mengidentifikasi keberadaan keanekaragaman hayati dan pola sebaran keanekaragaman hayati di Indonesia serta dapat menjelaskan konsep tingkat keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem, juga konsep keanekaragaman hayati sehingga muncul karakter nasionalis dan peduli lingkungan.
D. Materi Pembelajaran
1. Konsep keanekaragaman hayati
2. Tingkat keanekaragaman hayati
3. Pola penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia (orientalis, peralihan, dan australia)
E. Metode Pembelajaran
Observasi, diskusi, tanya jawab
F. Media Pembelajaran
· Laptop, LCD Projector, Speaker aktif
· Video keanekaragaman makhluk hidup
· LKPD 1. Observasi Morfologi Teman Sebangku
· LKPD 2. Observasi Jenis-Jenis Pisang
· Perwakilan jenis buah pisang yang berbeda (5 – 6 jenis pisang)
G. Sumber belajar
· Buku paket biologi kelas X
· Internet
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke 1
I. Penilaian
a. Teknik Penilaian
1) Sikap
Lembar observasi sikap yang meliputi aspek gotong royong, kemandirian, peduli dan cinta lingkungan, dan lain- lain
2) Keterampilan
Lembar observasi unjuk kerja meliputi
3) Pengetahuan
· Lembar Observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan yang meliputi aspek pengungkapan gagasan yang orisinil, kebenaran konsep, ketepatan penggunaan istilah, dll
· Tes tertulis
b. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Peserta didik yang memperoleh hasil penilaian di bawah kriteria minimal mengikuti program remedial yang dapat berupa tutor sebaya atau pembelajaran remedial
2. Peserta didik yang memperoleh hasil penilaian di atas kriteria minimal mengikuti program pengayaan yang dapat berupa penugasan
F. Media Pembelajaran
· Laptop, LCD Projector, Speaker aktif
· Video keanekaragaman makhluk hidup
· LKPD 1. Observasi Morfologi Teman Sebangku
· LKPD 2. Observasi Jenis-Jenis Pisang
· Perwakilan jenis buah pisang yang berbeda (5 – 6 jenis pisang)
G. Sumber belajar
· Buku paket biologi kelas X
· Internet
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke 1
TAHAP
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
||
Pendahuluan
(persiapan/
orientasi)
|
- Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan salam pembuka, berdo’a, - Menanyakan kabar sambil mengabsen sekaligus mengecek keadaan kelas termasuk Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang |
5’
|
Apersepsi
|
- Keanekaragaman adalah salah satu karunia yang diberikan oleh dari Allah SWT kepada manusia. Warna tidak hanya 1 jenis sehingga tercipta pemandangan yang indah, makhluk hidup dalam wujud, ukuran yang berbeda, manusia terbagi menjadi beberapa ras.
- Mendeskripsikan fakta Indonesia sebagai negara tropis yang menyimpan banyak sekali aneka jenis mahluk hidup. Menurut Mongabay.com, Indonesia termasuk ke dalam negara yang memiliki keanekaragaman tinggi no 3 di dunia. - Mengarahkan agar siswa bertanya, misalnya apakah keanekaragaman ini dapat dikelompokkan atau ada tingkatannya? Apa yang dapat dipelajari lebih dalam mengenai keanekaragaman hayati dalam skala yang lebih luas (misalnya di wilayah negara kesatuan Republik Indonesia)? |
10’
|
Motivasi
|
Menyampaikan tujuan aktivitas pembelajaran
|
5’
|
B.
Kegiatan Inti
|
||
Engage
|
1. Memfasilitasi
peserta didik untuk menyimak video yang menampilkan keanekaragaman makhluk
hidup yang diputar di depan kelas. Sesudah itu guru bertanya kepada peserta
didik mengenai: apa yang ada di pikiran mereka setelah menonton video?
Ide/gagasan apa yang terbersit? Apa yang membuat mereka tertarik pada video
tersebut? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya sehingga guru dapat mengetahui
apa yang telah diketahui oleh peserta didik sebagai pengetahuan awal.
2. Apabila
peserta didik tidak ada yang menyinggung perihal keanekaragaman makhluk hidup
setelah diberi pertanyaan, maka guru sedikit demi sedikit memberi arahan agar
peserta didik dapat menangkap pesan keberadaan keanekaragaman makhluk hidup
dari video yang disimaknya.
3. Setelah
peserta didik mengetahui keberadaan keanekaragaman makhluk hidup, galilah
pengetahuan mereka tentang hal topik tersebut sehingga guru dapat mengukur
pengetahuan awal dan peserta didik lebih
terlibat dan penasaran untuk belajar lebih dalam tentang keanekaragaman
tersebut.
|
25’
|
Explore
|
1. Memfasilitasi
peserta didik untuk mengerjakan LKPD 1 dan guru mengkondisikan agar peserta
didik berpasangan agar bisa saling mengamati morfologi temannya. Lalu
mencatat hasil pengamatan di kolom yang tersedia.
2. Memfasilitasi
diskusi atas hasil pengamatan dan membimbing peserta didik untuk membangun
konsep keanekaragaman tingkat gen.
3. Peserta
didik mengungkapkan dengan kalimat sendiri pengertian dari keanekaragaman
tingkat gen.
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk mengamati beberapa jenis buah pisang. Guru memfasilitasi
kegiatan observasi misalnya dengan menentukan karakter mana yang akan diamati
dan dibandingkan. Lalu mencatatnya di sebuah kolom.
5. Memfasilitasi
diskusi atas hasil pengamatan dan membimbing peserta didik untuk membangun
konsep keanekaragaman tingkat spesies. Peserta didik mengungkapkan dengan
kalimat sendiri pengertian dari keanekaragaman tingkat spesies.
6. Memfasilitasi
peserta didik untuk mengamati beberapa jenis ekossitem pada serangkaian
foto/video. Guru memfasilitasi kegiatan diskusi dengan memberikan pertanyaan
karakteristik-karakteristik dari masing-masing ekosistem yang diamati
tersebut.
7. Memfasilitasi
diskusi untuk menemukan adanya keanekaragaman tingkat ekosistem. Peserta
didik mengungkapkan dengan kalimat sendiri pengertian dari keanekaragaman
tingkat ekosistem.
|
45
|
Explain.
|
1. Memfasilitasi
peserta didik untuk menjelaskan konsep keanekaragaman hayati berdasarkan
pengalamannya belajar sebelumnya dalam mengkonstruksi pemahaman.
2. Memfasilitasi
peserta didik untuk menjelaskan kembali pengertian dari keanekaragaman
tingkat gen, spesies, dan ekosistem.
|
15
|
Elaborate
|
1. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperluas dan memperdalam pemahaman keanekaragaman
hayati melalui pengamatan seksama peta sebaran keanekaragaman hayati yang
tersebar di pulau-pulau besar Indonesia. Guru lalu meminta peserta didik
membuat pertanyaan terkait gambar yang diamatinya tersebut.
2. Mengarahkan
kumpulan pertanyaan dari peserta didik pada seputar hewan-hewan yang ditemui
pada gambar, keseragaman atau perbedaan hewan di tiap wilayah, bagaimana
sebaran spesies-spesies tersebut, arti dari garis imajiner pada peta, dan
sebagainya.
3. Memfasilitasi
peserta didik untuk melakukan presentasi dan diskusi kelas mengenai gagasan
mereka.
4. Mendampingi
peserta didik untuk membangun pemahaman tentang pola sebaran keanekaragaman
hayati Indonesia yang unik di 3 wilayah sebaran dan mengenal
spesies-spesiesnya.
|
20
|
Evaluate
|
Guru memfasilitasi peserta didik untuk refleksi mengenai
konsep keanekaragaman tingkat gen, spesies dan ekosistem dan pengertian yang
sudah dibuat peserta didik serta pola sebaran keanekaragaman hayati Indonesia
yang unik di 3 wilayah sebaran dan mengenal spesies-spesiesnya.
|
15
|
C.
Kegiatan Penutup
|
||
1. Guru
memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan
2. Guru memberi
penguatan
3. Memberi
pengarahan mengenai aktivitas belajar berikutnya
|
a. Teknik Penilaian
1) Sikap
Lembar observasi sikap yang meliputi aspek gotong royong, kemandirian, peduli dan cinta lingkungan, dan lain- lain
2) Keterampilan
Lembar observasi unjuk kerja meliputi
3) Pengetahuan
· Lembar Observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan yang meliputi aspek pengungkapan gagasan yang orisinil, kebenaran konsep, ketepatan penggunaan istilah, dll
· Tes tertulis
b. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Peserta didik yang memperoleh hasil penilaian di bawah kriteria minimal mengikuti program remedial yang dapat berupa tutor sebaya atau pembelajaran remedial
2. Peserta didik yang memperoleh hasil penilaian di atas kriteria minimal mengikuti program pengayaan yang dapat berupa penugasan
Post a Comment for "Download RPP Terbaru Biologi Kelas X KD 3.2 Keanekaragaman Hayati"