Contoh Unsur HOTS pada Kegiatan Pembelajaran Biologi, Materi Sistem Gerak
Kompetensi Dasar:
3.5 Menganalisis hubungan
antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan
bioproses dan gangguan fungsi yang dapat
terjadi pada sistem gerak
4.5
Menyajikan karya tentang
pemanfaatan teknologi dalam
mengatasi gangguan sistem gerak
IPK
|
Materi/
Sub Materi
|
HOTS
|
|||
Transfer
|
Critical Thinking
|
Problem Solving
|
Analisis/Evaluasi/
Sintesis
|
||
3.5.1 Mengidentifikasi organ penyusun sistem
gerak
|
Organ penyusun sistem gerak
|
-
HOTS as transfer melalui retensi (mengingat) melalui
pertanyaan seperti apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sistem
gerak atau rangka?
-
Pada sub materi tentang penyakit atau gangguan pada
sistem gerak terdapat transfer as HOTS dengan mengingatkan peserta didik melalui
pertanyaan, seperti apa saja yang bisa mempengaruhi gangguan pada sistem
gerak?
|
-
Peserta didik menanggapi presentasi kelompok lain
-
Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan presentasi
laporan hasil analisis literatur tentang pemanfaatan teknologi dalam
mengatasi gangguan sistem gerak
|
Dalam unit
pembelajaran yang saya amati, sulit untuk menemukan HOTS as problem solving
secara langsung. Namun jika dilihat dari aktivitas kegiatan pembelajarannya
muncul pada saat kegiatan diskusi bersama dengan kelompoknya, sebbanb terjadi
interaksi tanya jawab diantara mereka..
|
-
Peserta didik menganalisis data hasil kegiatan
pengamatan macam-macam otot
-
menganalisis artikel tentang pemanfaatan teknologi
dalam mengatasi gangguan sistem gerak
|
3.5.2 Menjelaskan fungsi rangka sebagai
penyusun sistem gerak pada manusia
|
Fungsi rangka
|
||||
3.5.3 Menjelaskan fungsi otot sebagai
penyusun sistem gerak pada manusia
|
Fungsi otot
|
||||
3.5.4 Mendeskripsikan struktur tulang pada
manusia
|
Struktur tulang
|
||||
3.5.5 Mendeskripsikan struktur otot pada manusia
|
Struktur otot
|
||||
3.5.6 Menjelaskan Mekanisme kontraksi otot
pada manusia
|
Mekanisme kontraksi otot
|
||||
3.5.7 Mendeskripsikan hubungan antar tulang
yang membentuk berbagai persendian
|
Hubungan antar tulang (sendi)
|
||||
3.5.8 Menguraikan penyakit atau gangguan
pada sistem gerak
|
Penyakit/gangguan pada sistem gerak
|
||||
3.5.9
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan
gangguan fungsi yang dapat terjadi
pada sistem gerak
|
Hubungan struktur jaringan penyusun organ
dan kaitannya dengan gangguan fungsi sistem gerak
|
Post a Comment for "Contoh Unsur HOTS pada Kegiatan Pembelajaran Biologi, Materi Sistem Gerak"